Selasa, 07 Juni 2011

Manusia wajib Berusaha dalam Mencapai Tujuan

Dengan Kekuatan yang ada pada manusia, maka walapun segala sesuatu yang akan terjadi telah ditetapkan Allah swt. Manusia diwajibkan berusaha untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak, Dalam berusaha, manusia tidak perlu memikirkan tengtang takdir yang akan terjadi atas dirinya, Sebab setiap orang tidak akan tahu nasibnya di masa mendatang, yang penting adalah berusaha terus denga sekuat tenaga dan kemampuanya serta tidak boleh berpangku tangan, karena nasib kita akan berubah apabila kita mau berusaha mengubahnya.

Manusia tidak boleh menyerah kepada takdir Allah dengan begitu saja, melaikan diwajibkan berusaha sekuat tenaga, karena kenyataanya segala sesuatu yang kita peroleh tidak datang dengan sendirinya melainkan harus dengan usaha.

Jadi selama manusia masih mempunyai akal pikiran yang dapat membedakan antara yang baik dan buruk, mempunyai kemampuan, Juga keinginannya dan semua itu secara jelas terbuka di hadapannya, maka teranglah bahwa manusia itu benar mempunyai kemerdekaan berkehendak dan mempunyai hak untuk memilih dalam segala perbuatan dan tindakannya..

Maka sekalipun Allah swt.  sudah menetapkan adanya qada dan qadar, manusia juga diberi kebebasan untuk menentukan tindakannya sendiri, dan inilah yang di sebut ikhtiar atau usaha, sehingga segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia adalah karena pilihannya sendiri, Dan di akhirat nanti mempertanggung jawabkan di hadapan Allah swt..

..............................................................................................................................
hilmysantaytea@ymail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar