Senin, 27 Juni 2011

Bergaullah Dengan Kaum Fakir Miskin

Assalamualaikum wr wb
Apabila Anda seorang yang kaya, ada baiknya secara incognito 'Menyamar' dengan bergaul atau mendatangi orang-orang miskin di sekitar Anda. Sembunyikan identitas Anda di hadapan mereka dan timbalah pengalaman rohani dari mereka dengan penuh cinta. Ketahuilah betapa berharganya mereka bagi Anda-bukankah tidak mungkin ada orang kaya tanpa si miskin, dari mana Anda tahu bahwa diri Anda kaya kalau tidak ada mereka?

Selanjutnya, ujian diri Anda di hadapan mereka untuk mencari jawaban dan bayangan diri di hadapan orang-orang miskin yang kebetulan menjadi tetangga rumah Anda Bagai mana komentar mereka terhadap diri dan keluarga Anda? Tanyakan kepada mereka,"Maaf, rumah mewah itu punya siapa yach? Adakah dia itu dermawan ataukah pelit? Rendah hati ataukah sombong?

Menguji diri sendiri dengan bergabung di antara kaum mustadh'afin, sangat berbeda efeknya dibandingkan kita melihat mereka dari jauh. Tenggelam dalam kehidupan mereka, mendengarkan nafas penderitaanya, mimpi-mimpinya yang sederhana, sungguh kita akan merasakan betapa besarnya amanah yang diberikan Allah kepada diri kita.

Anda akan melihat gambaran diri yang sejati, bukan dengan melihat atau mendengar penderitaan mereka dari orang lain atau melalui media massa. Anda akan merasakan hidup berharga justru bila terlibat di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar